Gejala dan Penyebab Neuroma serta Pencegahannya

Selamat datang dan selamat pagi para blogger. Sebelumnya kami ingin mengucapkan terima kasih kepada anda yang telah bersedia mengunjungi alamat blog kami. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai Gejala dan Penyebab Neuroma serta Pencegahannya . Apa kalian pernah  mendengar tentang Neuroma? Sebenarnya neuroma itu penyakit seperti apa dan apa penyebabnya? Dari pada kalian bertanya-tanya tentang tumor jinak yang satu ini, lebih baik kita simak artikel berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Gejala dan Penyebab Neuroma serta Pencegahannya

Neuroma atau biasa kita sebut dengan saraf terjepit atau tumor saraf. Menurut Istilah medis, “Neur” atau “neuro” berarti saraf, dan “oma” berarti pembengkakan atau tumor. Tumor ini adalah pertumbuhan jinak jaringan saraf yang sering ditemukan di antara jari-jari ketiga dan keempat. Neuroma menyebabkan rasa sakit, terasa seperti terbakar, kesemutan, maupun merasakan mati rasa di antara jari-jari kaki dan bola kaki. Neuroma ini dapat timbul dari berbagai jenis jaringan saraf , termasuk serabut saraf dan selubung mielin mereka, seperti pada kasus neoplasma asli ( pertumbuhan ) seperti ganglioneuroma dan neurinoma .

Penyebab dari neuroma yang terjadi pada bola kaki adalah pergerakan abnormal tulang panjang di belakang jari kaki yang disebut tulang metatarsal. Sebuah saraf kecil yang melewati ruang-ruang metatarsal. Di dasar jari kaki ini saraf terbelah seperti huruf “Y ” dan masuk ke jari kaki, kemudian sarafnya terjepit dan membengkak membentuk neuroma. Selain itu terdapat penyebab lain yang dapat memicu terjadinya neuroma. Yaitu sebagai berikut:

  • Trauma yang bisa menyebabkan kerusakan saraf, mengakibatkan radang atau terjadi pembengkakan pada saraf.
  • Pemakaian sepatu yang tidak tepat dapat menyebabkan jari-jari kaki terjepit bersama menjadi bermasalah. Sebaiknya anda menghindari sepatu berhak tinggi dari ukuran dua inci. Karena penggunaan sepatu ini dapat meningkatkan tekanan pada area kaki depan.
  • Kelainan biomekanik, kelainan ini seperti kaki melengkung tinggi atau kaki yang rata ini bisa menyebabkan terbentuknya neuroma.
  • Tekanan berulang, kejadian ini umum terjadi pada banyak pekerjaan yang hanya dapat membuat neuroma semakin parah.

JENIS-JENIS NEUROMA

  1. Neuroma akustik yang juga dikenal sebagai schwanoma vestibular adalah tumor jinak (non-kanker) yang mempengaruhi saraf yang menghubungkan telinga dalam dengan  otak. Saraf ini disebut saraf vestibular.
  2. Ganglioneuroma adalah tumor  yang langka dan jinak yang berasal dari serabut saraf otonom yang timbul dari sympathogonia puncak saraf, yang sama sekali tidak berdiferensiasi dari sistem saraf simpatik.
  3. Neuroma Pacinian, tumor hiperplastik yang jinak dan sangat langka, serta menyakitkan dan jinak dari selada pacinian (ahli mekanika yang bertanggung jawab untuk sensitivitas terhadap getaran dan tekanan).

GEJALA NEUROMA

  • Terjadi kesemutan dan mati rasa pada area bola kaki.
  • Mengalami bengkak pada jari-jari kaki.
  • Sakit di area kaki depan dan diantara jari-jari kaki.
  • Nyeri pada bola kaki saat berat badan diletakkan diatasnya.

DIAGNOSIS dan PENGOBATAN NEUROMA

Tujuan utama mengalami diagnosis sejak dini adalh untuk menguranggi tekanan pada area dimana neuroma berkembang. Sehingga kita dapat menccegah dan segera mengobatinya. Dan pemeriksaan itu biasanya terdiri dari:

  • Padding dan Taping. Dengan padding khusus bola kaki dapat mengubah fungsi kaki yang abnormal dan meringankan gejala yang ditimbulkan oleh neuroma.
  • Obat. Obat yang digunakan adalah obat anti-inflamasi dan suntikan kortison untuk mengurangi rasa nyeri akut dan pembengkakan yang di sebabkan oleh neuroma.
  • Orthotics. Ini merupakan  alat bantu kaki yang sudah berpengalam lebih dari 20 tahun di Singapura. Cara Orthotics ini yaitu dengan menyisipkan sepatu custom yang dibuat oleh  para ahli penyakit kaki anda yang berguna untuk mengendalikan fungsi kaki, dan dapat mengurangi gejala dan mencegah memburuknya kondisi kaki.
  • Operasi Bedah. Bila perawatan dini yang dilakukan gagal dan neuroma menjadi semakin parah, maka sebaiknya dilakukan operasi podiatri. Yang menghilangkan saraf yang meradang dan membesar biasanya bisa dilakukan dengan rawat jalan, dengan waktu pemulihan yang beberapa minggu.

PENCEGAHAN NEUROMA

Tidak ada salahnya jika kita melakukan pencegahan neuroma sejak ini, ini juga dapat membantu agar anda terhindar dari penyakit ini. Dan berikut pencegahan yang bisa anda lakukan:

  • Jika anda memakai sepatu sebaiknya pakailah sepatu yang memiliki cukup banyak ruang di bagian depan sepatu untuk ruang jari bergerak.
  • Pakailah sepatu dengan padding yang memadai di bola kaki.
  • Pakai sepatu dengan sol yang tebal untuk menahan tekanan yang berlebih dari kaki.
  • Hindari sepatu hak tinggi.
  • Istirahatkan kaki dan pijat kaki untuk mengurangi nyeri neuroma.
  • Gunakan bantalan sepatu over the counter. Yang bisa mengurangi tekanan di sekitar daerah yang terkena neuroma.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai Gejala dan Penyebab Neuroma serta Pencegahannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi ilmu untuk kita semua. Dan ini hanyalah sekedar informasi saja, untuk informasi yang lebih lanjut sebaiknya tanyakan kepada ahli kedokteran. Terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s